Belajarbranding - Teknik baclink adalah Salah satu teknik SEO / search engine optimization yang sudah banyak dipakai oleh para master SEO. Tautan balik / Backlink adalah tautan link antar dua halaman situs yang mana tautan link ini mengarah pada website atau blog yang kita jadikan sebagai target, dalam hal ini target untuk backlink tersebut adalah website atau blog kita sendiri.
Dalam bahasa sederhananya yang dimaksud backlink adalah cara kita menempatkan url alamat website kita ke website orang lain yang memiliki peringkat lebih baik pada search engine, misalnya google, yahoo, bing, dsb.
Dalam bahasa sederhananya yang dimaksud backlink adalah cara kita menempatkan url alamat website kita ke website orang lain yang memiliki peringkat lebih baik pada search engine, misalnya google, yahoo, bing, dsb.
Berdasarkan cara kerja search engine semakin besar jumlah backlink berkualitas yang mengarah pada website dan blog kita, akan sangat mempengaruhi kepopularitasan. Sehingga website atau blog kita akan mendapatkan prioritas utama oleh search engine. Prioritas utama pada search engine ini membuat website ataupun blog kita menjadi lebih cepat dalam proses index, selain itu juga mendapat posisi yang bagus di search engine.
Di mata search engine ada dua jenis backlink yang masing – masing memberi pengaruh yang berbeda diantaranya adalah backlink nofollow dan juga backlink dofollow. Sebagai seorang blogger dan webmaster kita wajib tahu apakah perbedaan diantara kedua jenis backlink ini dan mana yang paling bagus untuk dipilih dalam membangun link building blog ataupun website.
Berikut penjelasannya, perbedaan antara backlink nofollow dan backlink dofollow dimata search engine :
Backlink Dofollow
Backlink dofollow adalah tautan link yang dibuat pada suatu halaman situs dengan menambahkan dofollow di dalam atribut rel.
<a href=”http://sekarshop.com/” rel=”dofollow”>Perbedan backlink yang baik dan buruk untuk seo</a>
Atribut dofollow berfungsi sebagai salah satu indikator bahwa link tersebut sangat penting dan relevan bagi situs tertentu sehingga dimata semua search engine link yang mendapatkan tambahan atribut dofollow didalamnya akan dianggap spesial. Semua backlink dofollow ini apabila berhasil ditemukan oleh spider bot akan mwendapatkan perlakukan yang istimewa diantaranya adalah penelusuran lebih jauh oleh search engine sehingga memungkinkan suatu blog yang diberi dofollow backlink mendapatkan satu timbal balik yang sangat bagus yang dapat meningkatkan perangkingan blog di search engine dan google pagerank.
Backlink Nofollow
Backlink nofollow merupakan tautan link yang dibuat pada suatu halaman situs dengan menambahkan nofollow di dalam atribut rel. Contoh kode HTML untuk backlink nofolllow :
<a href=”http://petualangankuliner.com/” rel=”nofollow”>Perbedan backlink yang baik dan buruk untuk seo</a>
Fungsi atribut diatas untuk memperkecil kemungkinan terjadinya suatu usaha spamming terhadap situs – situs tertentu melalui suatu komentar yang tersedia pada situs tersebut. Karena itulah untuk suatu link yang mendapatkan tambahan atribut nofollow search engine akan memperlakukannya secara berbeda, bila sebuah spider bot menemukan backlink kita yang berupa nofollow pada situs tertentu, backlink tersebut tidak akan ditelusuri oleh semua search engine untuk di crawl dan di index tapi hanya dicatat saja jikalau blog kita mendapat backlink dari situs tertentu.
Pengaruh dari penggunaan backlink dengan atribut nofollow akan membuat search engine hanya menanggapi biasa – biasa saja terhadap semua linknya, sehingga kualitas backlink yang dihasilkan tidaklah berkualitas dan belum begitu cukup untuk mengangkat suatu blog untuk masuk di halaman pertama search engine ataupun mendapatkan google pagerank yang bagus.
0 komentar:
Posting Komentar